Minggu, 15 November 2015

Model Proses Pengambilan Keputusan

Model Proses Pengambilan Keputusan
Model Perilaku Pengambilan Keputusan : adalah proses dan aktifitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian,pemilihan,pembelian,penggunaan serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan.
Model Deskriftif & prespektif :
Model Deskriftif : Pemberian resep perbaikan, model ini menerangkan bagaimana kelompok seharusnya mengambil keputusan.
Model preskriptif berdasarkan pada proses yang ideal sedangkan model deskriptif berdasarkan pada realitas observasi.
Pengertian      :
1.      Model pengenalan : konsumen akan membeli suatu produk sebagai solusi atas    permasalahan yang dihadapinya.
2.      Pencarian Informasi : setelah memahami masalah yang ada,konsumen akan termotivasi untuk mencari informasi untuk menyelesaikan permasalahan yang ada.
3.      Evaluasi Alternatif : setelah konsumen mendapat berbagai macam informasi,konsumen akan mengevaluasi alternatif yang ada untuk mengatasi permasalahan.
4.      Keputusan Pembelian :setelah mengevaluasi beberapa alternatif strategis yang ada konsumen akan membuat keputusan pembelian.
5.      Perilaku Pembelian : yaitu perilaku yang ditunjukan oleh konsumen dalam memutuskan pembelian.

·         Kriteria Evaluasi : adalah salah satu aktivitas alam proses pengambilan keputusan konsumen memegang peranan penting dalam memprediksi perilaku pembelian konsumen.
·         Menentukan Alternatif Pilihan :
1. Menentukan harga
2. Nama merek
3. Negara asal
4. Saliensi kriteria evaluasi
·         Menaksir Alternatif Pilihan :  tahap dari proses keputusan membeli,yaitu ketika konsumen menggunakan informasi untuk mengevaluasi merk alaternatif dalam perangkat pilihan.
·         Menyeleksi Aturan Pengambilan Keputusan : setelah konsumen menerima pengaruh dalam kehidupannya maka mereka sampai pada keputusan membeli atau menolak produk.
 a.       Motivasi : merupakan suatu dorongan yang ada dalam diri manusia untuk mencapai tujuan tertentu. Persepsi : merupakan hasil pemaknaan seseorang terhadap stimulus atau kejadian yang diterimanya berdasarkan informasi dan pengalaman terhadap rangsangan tersebut.
b.      Persepsi : merupakan hasil pemaknaan seseorang terhadap stimulus atau kejadian yang diterimanya berdasarkan informasi dan pengalaman terhadap rangsangan tersebut.
c.       Pembentukan Sikap : merupakan penilaian yang ada dalam diri seseorang yang mencerminkan sikap suka atau tidak suka nya seseorang.
d.      Integritas : merupakan kesatuan antara sikap dan tidakan ,integrasi merupakan respon atas sikap yang diambil.

4.  Buat contoh pengambilan keputusan oleh konsumen.

Seorang mahasiswi memutuskan membeli persediaan makanan yang dia butuhkan untuk sehari-hari pada suatu minimarket.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar