Model Proses Pengambilan Keputusan
Model Perilaku Pengambilan
Keputusan : adalah proses dan aktifitas ketika seseorang
berhubungan dengan pencarian,pemilihan,pembelian,penggunaan serta
pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan.
Model Deskriftif
& prespektif :
Model
Deskriftif : Pemberian resep perbaikan, model ini
menerangkan bagaimana kelompok seharusnya mengambil keputusan.
Model
preskriptif berdasarkan pada proses yang ideal sedangkan model deskriptif
berdasarkan pada realitas observasi.
Pengertian
:
1. Model pengenalan : konsumen
akan membeli suatu produk sebagai solusi atas
permasalahan yang dihadapinya.
2. Pencarian Informasi : setelah
memahami masalah yang ada,konsumen akan termotivasi untuk mencari informasi
untuk menyelesaikan permasalahan yang ada.
3. Evaluasi Alternatif : setelah
konsumen mendapat berbagai macam informasi,konsumen akan mengevaluasi
alternatif yang ada untuk mengatasi permasalahan.
4. Keputusan Pembelian :setelah
mengevaluasi beberapa alternatif strategis yang ada konsumen akan membuat
keputusan pembelian.
5. Perilaku Pembelian : yaitu
perilaku yang ditunjukan oleh konsumen dalam memutuskan pembelian.
·
Kriteria
Evaluasi : adalah salah satu aktivitas alam proses pengambilan
keputusan konsumen memegang peranan penting dalam memprediksi perilaku
pembelian konsumen.
·
Menentukan
Alternatif Pilihan :
1. Menentukan harga
2. Nama merek
3. Negara asal
4. Saliensi kriteria evaluasi
·
Menaksir
Alternatif Pilihan : tahap dari proses
keputusan membeli,yaitu ketika konsumen menggunakan informasi untuk
mengevaluasi merk alaternatif dalam perangkat pilihan.
·
Menyeleksi
Aturan Pengambilan
Keputusan : setelah konsumen menerima pengaruh dalam kehidupannya
maka mereka sampai pada keputusan membeli atau menolak produk.
a.
Motivasi
: merupakan suatu dorongan yang ada dalam diri manusia untuk mencapai tujuan
tertentu.
Persepsi : merupakan hasil pemaknaan seseorang terhadap stimulus atau kejadian yang
diterimanya berdasarkan informasi dan pengalaman terhadap rangsangan tersebut.
b.
Persepsi
: merupakan hasil pemaknaan seseorang terhadap stimulus atau kejadian yang
diterimanya berdasarkan informasi dan pengalaman terhadap rangsangan tersebut.
c.
Pembentukan
Sikap : merupakan penilaian yang ada dalam diri seseorang yang mencerminkan sikap
suka atau tidak suka nya seseorang.
d.
Integritas
: merupakan kesatuan antara sikap dan tidakan ,integrasi merupakan respon
atas sikap yang diambil.
4. Buat contoh pengambilan keputusan oleh
konsumen.
Seorang mahasiswi
memutuskan membeli persediaan makanan yang dia butuhkan untuk sehari-hari pada
suatu minimarket.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar