Jumat, 30 September 2016

Etika Utilitarianisme Dalam Bisnis



Nama                   : Yustria Ningsih
Kelas                    : 4EA11
Mata Kuliah        : Etika Bisnis #softskill

Etika Utilitarianisme Dalam Bisnis
Pengertian Utilitarianisme adalah suatu teori dari segi etika normatif yang menyatakan bahwa suatu tindakan yang patut adalah yang memaksimalkan penggunaan (utility), biasanya didefinisikan sebagai memaksimalkan kebahagiaan dan mengurangi penderitaan. "Utilitarianisme" berasal dari kata Latin utilis, yang berarti berguna, bermanfaat, berfaedah, atau menguntungkan. Istilah ini juga sering disebut sebagai teori kebahagiaan terbesar (the greatest happiness theory). Utilitarianisme sebagai teori sistematis pertama kali dipaparkan oleh Jeremi Bentham. Utilitarianisme merupakan suatu paham etis yang berpendapat bahwa yang baik adalah yang berguna, berfaedah, dan menguntungkan. Sebaliknya, yang jahat atau buruk adalah yang tak bermanfaat, tak berfaedah, dan merugikan. Karena itu, baik buruknya perilaku dan perbuatan ditetapkan dari segi berguna, berfaedah, dan menguntungkan atau tidak. Dari prinsip ini,

  
Saya akan membahas tentang bisnis :
 
Pendahuluan
Indomaret adalah jaringan ritel waralaba di indonesia. Indomaret merupakan salah satu anak perusahaan Salim Group.
Indaret merupakan jaringan minimarket yang menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari dengan luas area penjualan kurang dari 200 m2. Toko pertama dibuka di Ancol, Jakarta Utara, pada tahun 1988, dikelola oleh PT. Indomarco Prismatama. Tahun 1997 perusahaan mengembangkan bisnis gerai waralaba pertama di Indonesia, setelah memiliki lebih dari 230 gerai. Jumlah gerai hingga tahun 2015 adalah 11.400 gerai dengan rincian 60% gerai adalah milik sendiri dan sisanya waralaba milik masyarakat. Sampai dengan awal tahun 2016, jumlah gerai sebanyak 12.100 toko. Mitra usaha waralaba ini meliputi: koperasi, badan usaha dan perorangan. Indomaret terdapat di kota-kota di Jabodetabek, Sumatera, Jawa, Madura, Bali, Lombok, Kalimantan dan Sulawesi. Motto perusahaan adalah "mudah dan hemat".

Pembahasan 

      Nilai positif yang ada pada Indomaret untuk masyarakat luas yaitu :

1.     Indomaret bekerjasama dengan yayasan anyo Indonesia untuk menggalang dana untuk pengadaan 406 ophtalmoscope (alat deteksi rentinoblastoma) atau alat deteksi kanker mata
2.     Sebanyak 10.010 orang di berangkatkan mudik oleh indomaret.
Manfaat adanya indomaret, Manfaat terbesar, Manfaat besar bagi masyarakat :
1.     Lebih membantu karena menjual produk yang lebih banyak.
2.     Lokasi yang strategis membuat Indomaret lebih mudah di temui.
3.     Memberikan lebih bamyak pelayanan, seperti pembayaran listrik dll.

Analisa keuntungan dan kerugian :
         Keuntungan untuk indomaret :
1.     Dengan mengadakan promosi indomaret lebih mudah dalam menari minat konsumen.
2.     Pada harga normal sebenarnya harga di indomaret lebih mahal, maka dari situlah indomaret mengambil keuntungan
Kerugian untuk warung di sekitar indomaret :
1.     Konsumen berpindah apabila indomaret mengadakan promosi.
2.     Produk yang dijual di indomaret lebih lengkap.
3.     Dengan adanya indomaret penghasilan warung-warung berkurang, karena sedikit banyak konsumen jadi lebih suka berbelanja disana.
Opini
Menurut saya,dampak adanya indomaret diwilayah jl.mandor yaitu, sebenarnya kegiatan yang berlangsung di indomaret tidak mengganggu masyarakat setempat dan dapat membantu mempermudah masyarakat mencari suatu produk/barang apabila tidak tersedia di warung-warung sekitar dan juga lebih mempermudah untuk pembayaran listrik, BPJS, PBB,  tiket kereta,  serta pembelian pulsa. Namun ada dampak negatif nya untuk warung-warung sekitar, setelah saya mewawancarai salah satu pemilik warung yang berada di satu daerah yang sama dengan indomaret dan pemilik warung berkata “pendapatan warung jadi berkurang karena adanya indomaret,sekarang orang yang belanja sedikitpun beralih kesana mungkin krena faktor tempat juga yang nyaman dengan fasilitas AC”




Sumber :
wawancara salah satu pemilik warung di jl.mandor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar